Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » 7 Jenis Zat Asam Dalam Madu, Rasakan Manfaat Baik Bagi Tubuh!

7 Jenis Zat Asam Dalam Madu, Rasakan Manfaat Baik Bagi Tubuh!

Diposting pada 7 April 2018 oleh Madu Asli | Dilihat: 204 kali

Zat asam dalam madu bermanfaat bagi kesehatan yakni berguna bagi metabolisme tubuh, bahkan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor diantaranya  asam oksalat, asam tartarat, asam laktat, dan asam malat.

Kandungan Zat Asam Dalam Madu

Zat asam dalam madu yang membuat madu murni memiliki kekhasan pada khasiat dan rasa asam di dalam madu, seperti:

  1. Madu mengandung asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam tartarat.
  2. Komposisi asam organic pada madu alami berkisar antara 0,003-0,2% dari total komposisi pada madu.
  3. Kandungan asam organic berasal dari nectar dan kelenjar lebah, dengan batas keasaman pada madu di bawah pH 4. Madu tua merupakan madu yang sudah mulai merusak atau madu dicampur dengan gula yang umumnya telah meningkat keasamannya.
  4. Jika madu dipanaskan bagian dari fruktosa terurai kemudian membentuk asam levulinic dan format.
  5. Secara alami asam format tidak umum ditemukan dalam madu dan memungkinkan ditemukan hanya ketika madu mulai rusak.
  6. Kandungan asam glukonat pada madu berperan dalam memberikan rasa manis yang selanjutnya berubah menjadi agak asam. Oleh sebab itu madu memiliki rasa yang unik yang merupakan gabungan rasa manis dan sedikit rasa asam.

bahaya madu untuk bayi

Jenis Zat Asam Dalam Madu

  1. Asam sitrat merupakan jenis asam organik yang lemah dan banyak ditemukan pada buah dan tumbuhan. Asam Sitra biasa digunakan sebagai bahan pengawet yang baik dan alami. Asam Sitrat juga banyak digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman. Manfaat asam sitrat banyak digunakan sebagai bahan pengawet makanan, proses pengalengan, pengasam anggur, untuk perawatan kulit, bahan tambahan pada masakan, perawatan terhadap rambut, agen pembersih peralatan dapur dan kamar mandi, penggunaan dalam industry, dan bahan pembuatan kosmetik.
  2. Asam mefenamat berfungsi dalam menghambat enzim yang menghasilkan prostaglandin, yaitu senyawa yang dilepas tubuh dan menyebabkan rasa sakit serta reaksi peradangan pada tubuh. Asam mefenamat berrperan sebagai antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), yang bekerja meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga menengah, serta dapat mengurangi peradangan.
  3. Asam benzoat atau dalam rumus kimia biasa ditulis dengan C6H5COOH merupakan sebuah kristal yang berbentuk padat dan tida memiliki warna. Asam jenis ini bersifat dapat larut sedikit di dalam air, larut di dalam etanol, dan mudah terlarut di dalam aseton dan benzena. Asam benzoat tremasuk bentuk asam karboksilat yang paling sederhana, dan salah satu fungsinya yang sering digunakan dan dimanfaatkan yaitu untuk mengawetkan makanan.
  4. Asam asetat atau asam etanoa merupakan salah satu contoh senyawa dari senyawa asam karboksilat. Asam karboksilat adalah asam organik yang diidentikkan dengan gugus karboksil. Asam karboksilat merupakan asam Bronsted-Lowry (donor proton). Garam dan anion asam karboksilat dinamakan karboksilat. Asam karboksilat merupakan senyawa polar, dan membentuk ikatan hidrogen satu sama lain. Pada fasa gas, Asam karboksilat dalam bentuk dimer. Dalam larutan Asam karboksilat merupakan asam lemah yang sebagian molekulnya terdisosiasi menjadi H+ dan RCOO-,
  5. Asam maleat atau asam butenadioat atau asam toksilat merupakan senyawa organic yang merupakan asam diskarboksilat. Melekul atau senyawa ini terdiri dari gugus etilena yang berkaitan dengan dua gugus asam karbosilat. Asam fumerat merupakan isomer transnya dan isomer cis yang kurang stabil memiliki perbedaan kalor pembakarannya 22,7 kJ/mol sedangkan asam maleat merupakan jenis isomer cis dari asam butenadioat. Sifat-sifat asam maleat sangat berbeda dengan asam fumerat, asam maleat larut di dalam air dengan titik lebur 130-139OC sedangkan asam fumerat tidak dengan titik lebur 287O
  6. Asam folat dalam madu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia diantaranya memperbaiki keadaan darah, meningkatkan sejumlah eritrosit dan kandungan hemoglobin, menurunkan resiko kanker rahim dan penyakit jantung, membantu metabolisme lemak, metabolisme kolesterol dan system kekebalan
  7. Asam amino bebas madu mampu membantu penyembuhan penyakit, juga sebagai bahan pembentukan neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak.

Asam Organic Dalam Madu

Madu mengandung jenis asam organic yang berasal dari tumbuhan dan hewan, antara lain:

  1. Asam organik yang berasal dari tumbuhan
  2. Asam sitrat adalah senyawa yang menyebabkan rasa masam pada buah jeruk dan buah lemon.
  3. Asam maleat adalah senyawa yang menyebabkan rasa masam pada buah apel dan buah pir.
  4. Asam tartrat adalah senyawa yang menyebabkan rasa masam pada buah anggur.
  5. Vitamin C yang terdapat dalam berbagai buah dan sayuran sebenarnya juga merupakan asam yaitu asam askorbat.
  6. Asam asetat dihasilakan dalam proses pembuatan minuman beralkohol dari buah anggur.
  7. Asam benzoat dihasilkan dari tanaman genus styrax
  8. Asam organik yang berasal dari hewan
  9. Semut menghasilkan asam format atau asam semut untuk mempertahankan dirinya dari serangan hewan lain.
  10. Sengatan lebah akan terasa sakit di kulit karena sengatannya mengandung asam.
  11. Beberapa bakteri tertentu dapat menghasilkan asam asetat.
Mengkonsumsi Zat Asam Yang Benar
  1. Gunakanlah zat asam sesuai anjuran dokter dan selalu membaca keterangan pada kemasan. Zat asam sebaiknya dikonsumsi sesudah makan atau dengan cemilan untuk mencegah efek samping.
  2. Pasien dianjurkan untuk berhenti merokok dan mengkonsumsi minuman keras selama mengkonsumsi obat ini, yang bertujuan untuk mengurangi risiko efek samping berupa perdarahan pada lambung.
  3. Membantu mengatasi nyeri menstruasi, petugas medis biasanya menyarankan untuk mengonsumsi obat ini selama 2-3 hari sejak hari pertama atau saat nyeri menstruasi muncul.
  4. Obat ini umumnya hanya diberikan untuk konsumsi dalam waktu singkat. Pasien disarankan untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter, terutama jika membutuhkan konsumsi asam mefenamat untuk jangka panjang.
  5. Pastikan terdapat jarak atau jeda waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Untuk memaksimalkan efek obat, usahakan untuk mengkonsumsi zat asam pada jam yang sama setiap harinya.
  6. Bagi orang yang tidak mengkonsumsi zat asam, disarankan segera mengkonsumsinya jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat.

Zat asam organic seperti asam folat, asam sitrat, asam amino dan asam maleat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ-organ penting lainnya. Mengonsumsi madu secara benar dapat membantu zat asam organic dalam madu berkerja dalam mengopimalkan kesehatan tubuh. serta mencegah serangan penyebab banyak penyakit.

Bagikan informasi tentang 7 Jenis Zat Asam Dalam Madu, Rasakan Manfaat Baik Bagi Tubuh! kepada teman atau kerabat Anda.

7 Jenis Zat Asam Dalam Madu, Rasakan Manfaat Baik Bagi Tubuh! | Madu Asli

Belum ada komentar untuk 7 Jenis Zat Asam Dalam Madu, Rasakan Manfaat Baik Bagi Tubuh!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
OFF 5%
QUICK ORDER
Madu Mix Bee Pollen 800 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 180.000 Rp 190.000
Ready Stock / 800ML-MxP
Rp 180.000 Rp 190.000
Ready Stock / 800ML-MxP
Popular!
OFF 9%
QUICK ORDER
Madu Multi Flora 500 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual madu asli Rp 100.000 Rp 110.000
Ready Stock / 500ML
Rp 100.000 Rp 110.000
Ready Stock / 500ML
Limited Edition
OFF 4%
QUICK ORDER
Madu Mix Bee Pollen 1.000 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 220.000 Rp 230.000
Ready Stock / 1000ML-MxP
Rp 220.000 Rp 230.000
Ready Stock / 1000ML-MxP
SIDEBAR