Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » Tips Madu dan Kacang Hijau Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Tips Madu dan Kacang Hijau Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Diposting pada 17 April 2018 oleh Madu Asli | Dilihat: 7.359 kali

Madu dan kacang hijau memiliki jumlah besar vitamin C, yodium, dan asam amino, kombinasi kacang hijau dan madu sering diberikan kepada orang-orang sakit dan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Kandungan Madu dan Kacang Hijau

Madu dan kacang hijau selain mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya, kacang hijau merupakan sumber protein nabati, vitamin seperti A, B1, dan C, serta beberapa mineral. Keunggulan kacang hijau yaitu pada kecambah kacang hijau atau tauge yang mengandung vitamin E yang tidak ditemukan pada kacang tanah dan kedelai. Kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gram kacang hijau antara lain, 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan sisanya berupa vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan.

Manfaat Kombinasi Madu dan Kacang Hijau

Kombinasi madu asli dan kacang hijau dijadikan makanan yang dapat mengatasi banyak masalah kesehatan tubuh.

a. Madu dan kacang hijau menyehatkan jantung

Khasiat madu dan kacang hijau melindungi tubuh terhadap serangan penyakit jantung, karena nutrisi yang terkandung didalamnya dapat membantu mengurangi/menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Keunggulan dapat megontrol kadar kolestrol karena anti oksidannya mampu menangkal radikal bebas, menurunkan peradangan dan memulihkan kerusakan pembuluh darah.

b. Madu dan kacang hijau menurunkan tekanan darah tinggi

Zat-zat dalam biji kacang ijo memiliki kelebihan mengurangi faktor resiko penyakit tekanan darah tinggi. Kombinasi madu dan kacang hijau sebagai anti hipertensi karena tingginya konsentrasi senyawa peptida dalam unsur protein membantu menurunkan konstriksi pembuluh darah yang mengakibatkan naiknya tekanan darah.

c. Madu dan kacang hijau melawan pertumbuhan sel kanker

Tingginya kadar asam amino-oligosakarida dan polifenol di dalam madu dan biji kacang hijau sebagai antioksidan dalam melawan perkembangan sel kanker, yang mampu melindungi DNA dari kerusakan maupun bahaya mutasi sel. Senyawa flavanoidnya dapat  mengurangi efek dari radikal bebas dengan menurunkan kadar tekanan oksidatif yang berkontribusi dalam pembentukan sel kanker, misalnya pada kanker payudara.

d. Madu dan kacang hijau memperkuat tulang

Madu dan kacang ijo menjadi kombinasi yang mengandung kalsium alami yang mempertahankan dan memperkuat tulang. Jika tulang kuat, sehingga meminimalisir terjadinya patah tulang dan baik dikonsumsi oleh bayi untuk meningkatkan kepadatan tulangnya.

e. Madu dan kacang hijau bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2

Madu dan kacang hijau sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol, trigleserid, gula darah, plasma C-peptide dan glucagon. Sehingga mampu meningkatkan produksi insulin secara responsif.

f. Madu dan kacang hijau menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin C dalam madu dan kacang hijau merupakan anti-oksidan alami yang mampu mempertahankan fleksibilitas retina mata.

g. Madu dan kacang hijau menurunkan berat badan atau obesitas

Kandungan protein dan serat dalam madu dan kacang hijau memiliki khasiat untuk memberikan sensasi rasa kenyang, sehingga bisa mengurangi jumlah asupan makanan dan tidak perlu takut badan menjadi gemuk.

h. Madu dan kacang hijau melancarkan metabolisme

Kadar serat dalam nutrisi madu dan kacang hijau bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pencernaan dengan mempercepat proses metabolisme.

i. Madu dan kacang hijau meningkatkan kekebalan tubuh

Senyawa fitonutrien dalam madu dan kacang hijau bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang berbahaya, dan membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih cepat.

Baca juga: Madu dan air beras untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

j. Madu dan kacang hijau meningkatkan kesuburan pria

Kandungan protein dan vitamin E dalam madu dan kecambah kacang hijau (tauge) dapat meningkatkan kualitas sperma, kejantanan dan tingkat vitalitas pria.

k. Madu dan kacang hijau menjadi obat bisul

Kandungan nutrisi dalam madu dan kacang hijau membantu bisul yang belum matang dan yang sudah matang cepat mengempis.

l. Madu dan kacang hijau redakan sakit maag

Kandungan di dalam madu dan kacang hijau membantu mengurangi tingkat keasaman lambung yang tinggi.

m. Madu dan kacang hijau sebagai peluruh kencing atau anyang-anyangan

Kombinasi madu dan kacang hijau menjadi obat peluruh kencing atau anyang-anyangan dan menormalkan kembali buang air kecil.

n. Madu dan kacang hijau meringankan sakit perut

Kombinasi madu dan kacang hijau mengandung nutrisi yang tinggi dalam membantu meringankan sakit perut atau kram perut.

o. Madu dan kacang hijau sebagai obat varises

Mengkonsumsi madu dan kacang hijau di pagi hari dan di malam hari menjelang tidur dapat menyembuhkan dan menghindari terkena varises.

p. Madu dan kacang hijau mengurangi biang keringat

Tumbukan kacang hijau ditambah madu yang dibalurkan pada biang keringat dapat mengurangi gatal dan mempercepat kesembuhan biang keringat.

q. Madu dan kadnag hijau meningkatkan asi

Ibu menyusui mengkonsumsi madu dan kacang hijau maupun olahan susu kacang kedelai, diyakini akan meningkatkan produksi asi.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan

Selain untuk bahan makanan alami kacang hijau juga digunakan dalam proses perawatan kecantikan. Berikut ini tips penggunaan kacang hijau untuk kecantikan,

  1. Madu dan kacang hijau menjaga kecantikan wajah

Gunakan madu dan bubuk kacang hijau sebagai masker pada muka, Siapkan bahan-bahan berikut kacang hijau secukupnya dan madu. Caranya rendam kacang hijau hingga sedikit mengembang, lalu blender hingga halus, dan campurkan dengan madu.

  1. Madu dan kacang hijau mengurangi rambut rontok

Kacang hijau dan madu untuk menyuburkan, menumbuhkan, menguatkan dan melebatkan rambut. Siapkan  bahan-bahan  madu dan kacang hijau dan segelas belimbing air. Caranya kacang hijau direbus dengan segelas belimbing air. Setelah kacang agak matang dan tidak pecah, lalu angkat rebusan tersebut. Setelah dingin, tambahkan madu ke dalam air rebusan dan gunakan untuk membasahi kulit dengan memberikan sedikit pijat.

  1. Madu dan kacang hijau menutrisi kulit

Mineral dalam kandungan madu dan kacang hijau merupakan anti-aging yang sangat kuat, yang merangsang produksi elastin, kolagen dan asam hyaluronic yang akan meremajakan kulit serta mencerahkan wajah, mengurangi keriput, bintik-bintik noda hitam serta garis pada kulit. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kacang hijau secara reguler akan menjaga  elastisitas kulit, menghaluskan kulit serta menjadikan kulit awet muda.

Madu dan kacang hijau efektif untuk kecantikan kulit, rambut dan mengatasi beberapa penyakit seperti bisul hingga diabetes. Konsumsilah kombinasi kedua bahan ini untuk mencegah dan mengobati penyakit karena penurunan kekebalan tubuh.

Bagikan informasi tentang Tips Madu dan Kacang Hijau Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Madu dan Kacang Hijau Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi | Madu Asli

1,098 komentar untuk Tips Madu dan Kacang Hijau Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi