Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » Kuatkan Daya Ingat! Nutrisi Pada Madu Cegah Pikun Pada Lansia

Kuatkan Daya Ingat! Nutrisi Pada Madu Cegah Pikun Pada Lansia

Diposting pada 17 October 2018 oleh Madu Asli | Dilihat: 153 kali

Madu cegah pikun pada lansia dengan menerapkan gaya hidup sehat andai ingin menurunkan resiko terkena pikun saat lansia, dengan mengkonsumsi madu secara teratur membuat daya ingat otak membaik dan mencegah terkena masalah kecemasan.

Manfaat Madu Cegah Pikun Pada Lansia

madu cegah pikun

Madu cegah pikun pada lansia dengan kandungan dan segudang manfaat untuk para lansia atau lanjut usia membutuhkan banyak nutrisi dalam madu, antara lain:

  1. Menjaga kepala dari benturan

Kondisi tubuh orang yang sudah lanjut usia sangat rentan dan jika terjatuh atau mengalami benturan, dapat mengakibatkan kondisi yang serius bahkan fatal. Menjaga kepala dari benturan keras atau cedera otak, yang dapat menyebabkan pikun atau demensia sehingga sangat dianjurkan orang lansia berhati-hati ketika beraktivitas.

  1. Membaca dan menulis

Sering-sering membaca koran dan menulis buku harian agar tidak mudah lupa atau pikun sehingga dnegan membaca dan menulis sangat membantu melatih dan menstimulasi sel-sel saraf otak. Jika memang sering lupa, orangtua disarankan untuk mencatat segala hal yang perlu diingat dalam sebuah buku.

  1. Bermain catur

Catur dikenal sebagai olahraga yang baik untuk otak. Dengan bermain catur, orangtua dapat mengasah dan memaksimalkan fungsi otak, sehingga mencegah mereka jadi pikun.

  1. Melakukan permainan memory

Bermain permainan memoriteka-teki silang, permainan studi kasus, atau permainan optical illusions sebaiknya sering dilakukan oleh para lansia. Permainan-permainan tersebut membuat mereka berpikir dan menggunakan logika untuk memecahkan masalah, sehingga dampaknya sangat baik untuk meningkatkan dan menajamkan kemampuan otak.

  1. Menerapkan gaya hidup sehat

Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, serta mulai menerapkan kebiasaan baik seperti berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, tidur yang cukup, juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah pikun.

  1. Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi juga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mencegah pikun. Dengan sering berkomunikasi dengan para anggota keluarga, menghadiri undangan pesta dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, orangtua yang sudah berusia lanjut dapat menjaga dan meningkatkan kemampuan otak.

  1. Aktivitas spiritual

Aktivitas ibadah dipercaya memiliki peran yang cukup signifikan dalam menjaga dan meningkatkan fokus otak, serta menjaga kesehatan mental. Sehingga, orangtua dapat menyibukan diri dengan ikut terlibat dalam berbagai kegiatan rohani agar kemampuan otaknya meningkat.

Madu Efektif Cegah Kepikunan

Seiring dengan bertambahnya usia manusia, maka semakin banyak pula pengalaman yang telah dimilikinya dan semuanya tersimpan dalam memori ingatan. Namun, sebaiknya untuk mengganti gula dengan madu agar tidak mudah pikun, antara lain:

  1. Berdasarkan data ilmuwan dan ahli kesehatan mengungkap bahwa ingatan akan tetap tersimpan dalam memori kita dan tidak akan pernah lupa jika memperbanyak konsumsi madu. Fakta bahwa madu alami, akan memberikan manfaat yang baik terhadap tubuh, dan salah satunya madu untuk meningkatkan daya ingatan serta mengurangi kecemasan.
  2. Para dari University of Waikato di Hamilton, Selandia Barumelakukan percobaan pada tikus. Tikus figunakan karena memiliki beberapa keasaman tubuh yang mirip dengan manusia. Selama tahap percobaan, tikus yang diberi madu menjalani tes memori lebih baik daripada tikus yang diberi gula. Pada tes untuk menemukan jalan keluar di lorong-lorong yang dibuat para ahli, tikus yang telah mengkonsumsi madu dapat menemukan jalan keluar pada lorong-lorong tersebut, dan tikus tersebut memiliki tingkat kecemasan lebih rendah dibanding tikus yang mengkonsumsi gula.
  3. Hasil penelitian tersebutlah akhirnya para ahli kesehatan sepakat bahwa madu memang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah kepikunan dan mengurangi kecemasan. Dengan adanya hasil penelitian ini, pakar kesehatan pun meyakini manfaat madu bagi kesehatan otak Dengan mengkonsumsinya secara teratur, maka proses penuaan yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya umur akan dapat diperlambat. Selain itu, ada baiknya kita juga mulai menurunkan asupan gula agar tidak berlebihan sehingga resiko terkena pikun pun semakin menurun.

Penyebab Mudah Lupa Ketika Usia Lanjut

Pedang yang sudah usang pasti akan berkarat, otak yang telah mengalami turun mesin pasti akan menjadi using, berikut penyebab mudah lupa saat usia lanjut, antara lain:

  1. Kebiasaan yang enggan berpikir sering mengosongkan pikiran

Pikiran harus senantiasa diasah dengan cara berkonsentrasi pada sesuatu. Terlalu lama membuat pikiran kosong maka akan menjadi tumpul yang berimbas pada kemampuan memori otak yang menurun.

  1. Makanan yang tidak seimbang

Asupan makan yang tidak mencukupi akan menyebabkan gizi buruk. Namun, konsumsi makanan yang tidak seimbang membuat proses pertumbuhan dan perkembangan mengalami kelainan, tidak berimbang bahkan menimbulkan penyakit. Cairan otak merupakan salah satu senyawa elektrolit yang mengandung garam isotonik untuk menjaga stabilitasnya.

  1. Penyakit alzhaimer

Sebelum seorang pasien menderita alzhaimer telah terjadi proses perantara yang kadang tidak disadari dan tidak teramati dengan jelas, yang disebut sebagai kelemahan kognisi ringan. Pikun alzhaimer menunjukkan beberapa tahapan gejala sebelum menjadi suatu penyakit yang kentara bagi kehidupan seseorang.

  1. Kurang bergerak/kurang beraktivitas

Aktivitas dan pergerakan seseorang berkorelasi positif terhadap kecerdasannya. Saat seorang anak baru saja dilahirkan di dunia ini, pergerakan yang dibuatnya minim. Namun, seiring usia yang semakin bertambah maka kegiatannya sehari-haripun semakin banyak.

  1. Kurang aktif berkomunikasi dengan sesama

Ada saatnya dimana kita perlu berkomunikasi dengan sesama. Jumlah kosa kata yang keluar dari dalam mulut ini ditentukan oleh kecerdasan dan kemampuan daya ingat masing-masing. Komunikasi langsung memang lebih baik.

  1. Karena mudah stres bahkan depresi

Kurangnya kemampuan mengelola pikiran berimbas pada lemahnya pengendalian emosi yang dapat membuat seseorang lebih mudah mengalami stres. Keadaan ini akan mengacaukan pikiran sehingga berimbas pada menurunnya kemampuan mengingat sesuatu. Stres yang terus menerus terjadi dapat melemahkan kemampuan kognisi seseorang.

  1. Kebiasaan merokok

Merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan masalah lainnya. Zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat sehingga bisa sampai menyababkan ketenangan sesaat.

  1. Kebiasaan buruk meminum alkohol

Alkohol bukanlah sesuatu yang baik untuk diminum terus-menerus. Dibanding Anda menghilangkan stres dengan meminum alkohol secara berlebihan maka alangkah lebih baik jika mulai saat ini belajar mengendalikan pikiran dan menemukan kebahagiaan di dalam hati.

  1. Jenis kelamin juga mempengaruhi

Pada dasarnya, penyakit pikun berhubungan erat dengan kepadatan aktivitas seseorang. Saat masih muda, kaum pria lebih mudah mengalami gejala lupa ingat karena aktivitas mereka minim sedangkan para perempuan aktif di dalam seluruh lini kehidupan rumah tangga.

Pikun merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar sel-sel tersebut terganggu dengan ciri-ciri  berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan memahami sesuatu, serta menurunnya kecerdasan mental. Atasi dengan madu cegah pikun pada lansia yang dapat menyebabkan penyakit dimensia yang lebih berbahaya.

Bagikan informasi tentang Kuatkan Daya Ingat! Nutrisi Pada Madu Cegah Pikun Pada Lansia kepada teman atau kerabat Anda.

Kuatkan Daya Ingat! Nutrisi Pada Madu Cegah Pikun Pada Lansia | Madu Asli

Komentar dinonaktifkan: Kuatkan Daya Ingat! Nutrisi Pada Madu Cegah Pikun Pada Lansia

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
OFF 13%
QUICK ORDER
Madu Hutan Hitam Pait dan Manis 350ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 70.000
Ready Stock / 350ML - HT
*Mulai Rp 70.000
Ready Stock / 350ML - HT
Popular!
OFF 9%
QUICK ORDER
Madu Multi Flora 500 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual madu asli Rp 100.000 Rp 110.000
Ready Stock / 500ML
Rp 100.000 Rp 110.000
Ready Stock / 500ML
Limited Edition
OFF 11%
QUICK ORDER
Harga Madu Hitam Pahit Asli dan Manis 800 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 160.000
Ready Stock / 800ML - HT
*Mulai Rp 160.000
Ready Stock / 800ML - HT
SIDEBAR