Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » Bayi Susah Tidur? Ikuti Tips Madu Bantu Bayi Tidur Nyenyak

Bayi Susah Tidur? Ikuti Tips Madu Bantu Bayi Tidur Nyenyak

Diposting pada 11 October 2018 oleh Madu Asli | Dilihat: 112 kali

Madu bantu bayi tidur nyenyak jika waktu tidur tidak dikontrol dengan baik, akan berakibat fatal bagi tumbuh kembang anak, khususnya pada otak jika otak telah bermasalah hal ini juga berdampak bagi organ tubuh lainnya.

Madu Bantu Bayi Tidur Nyenyak Dengan Efektif

madu bantu bayi tidur nyenyak

Madu bantu bayi tidur nyenyak yang merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah melalui nektar bunga yang diambilnya dari tanaman-tanaman. Selain manfaat di dalam madu sebagai pemutih wajah, menghentikan kerontokan rambut, menurunkan kolesterol, sinus dan tentunya madu mengatasi insomnia/susah tidur pada anak. Dan madu dapat mengatasi insomnia, karena kandungan dapat membantu menenangkan saraf dan membantu menghilangkan depresi ataupun lelah pada anak.

Manfaat Madu Untuk Balita

Menggunakan madu yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan balita, sehingga madu membantu mencegah berbagai penyakit pada balita, antara lain:

  1. Meredakan batuk

Balita yang sedang mengalami batuk, dapat diberikan 1 sendok madu pada balita sebelum makan untuk meredakan batuk yang dideritanya sehingga membantutidur nyenyak, karena kandungan di dalam madu sangat baik untuk meredakan batuk balita.

  1. Membantu pertumbuhan dan menambah nafsu makan

Selain dapat membnatu proses pertumbuhan dan perkemabngan tubuh anak, mengonsumsi madu secara teratur akan dapat membantu menambha nafsu makan anak karena madu memiliki kandungan asam folat yang berfungsi sebagai stimulus untuk pertumbuhannya, sehingga sebaiknya minumkan satu sendok madu sehari dua kali secara teratur.

  1. Membantu penyembuhkan luka pada balita

Saat balita bermain dan terjatuh atau terluka cukup oleskan madu pada bagian yang terkena luka karena madu dapat menyembuhkan luka dan mencegah infeksi pada luka lebih cepat.

  1. Baik untuk perkembangan otak balita

Masa balita adalah masa dimana otak berkembang sangat pesat, madu dapat membantu dalam perkembangan otak balita agar lebih optimal, sehingga membuat anaklebih kreatif dan aktif.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Madu mengandung bakteri yang baikuntuk membunuh bakteri jahat di dalam usus anak yang terkadang anak memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya namun dengan memberikan madu maka  sistem pencernaan anak akan tetap sehat.

  1. Sumber vitamin

Balita membutuhkan bermacam-macam vitamin untuk menunjang masa pertumbuhannya. Madu mengandung berbagai vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi tetap baik.

Beberapa Jenis Makanan Membuat Tidur Nyenyak

Ada beberapa makanan yang dapat membantu beberapa masalah tidur Anda, makanan yang dapat membuat Anda tidur lebih baik dan berkualitas, antara lain:

  1. Madu

Bagi beberapa terapis, beberapa jenis madu dapat membantu memberikan sensasi tidur yang lebih tenang. Selain efek relaks, biasanya juga memilih madu yang kandungan anti oksidannya lebih tinggi, sehingga membantu anak tidur nyenyak.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa dekade terakhir. Konsumsi pisang dapat membantu tubuh menghasilkan serotonin dan melatonin yang membuat Anda tidak mudah stress. Selain itu, pisang dikatakan mampu meredakan kelelahan pada tubuh.

  1. Produk susu

Dairy products seperti susu, yoghurt dan keju kabarnya dapat membuat Anda lebih nyenyak tidur. Susu hangat yang diberi madu dapatmembantu menyehatkan tulang dan otot, karena kandungan asam amino tryptophan dalam madu dapat membantu tubuh Anda lebih rileks saat tidur.

  1. Biji-bijian dan kacang

Kandungan di dalam biji-bijian seperti kacang hijau, almond dan sebagainya, dapat membantu tidur lelap Anda lebih rileks. Kandungan asam lemak omega 3 dalam biji-bijian dapat membantu tubuh meregenerasi sel dengan lebih baik saat Anda tidur.

  1. Air putih

Air putih bisa menyegarkan tubuh Anda dalam sekejap. Konsumsi air putih bisa membersihkan tubuh sehingga terasa lebih segar, bugar dan ringan untuk digunakan beraktivitas kembali maupun untuk tidur. Oleh karena itu, rajinlah mengonsumsi air putih bagi kesehatan Anda.

Ajari Perbedaan Siang Dan Malam Pada Anak

Waktu tidur bayi yang berbalik dengan orang dewasa sering menjadi kendala bayi sulit tidur. Oleh karena itu, Ibu perlu mengajari bayi perbedaan siang dan malam seperti berikut ini:

  1. Cara mudah membuat anak balita tertidur dengan membuat suasana redup atau sedikit cahaya di malam hari, sebagai salah satu tanda yang mudah dikenali bayi sebagai waktu untuk tidur.
  2. Pada saat siang hari, bukalah tirai dan jendela agar sinar matahari masuk ke ruangan. Selain dapat membuat suasana terang, sinar matahari juga mematikan kuman dan mengurangi kelembaban ruangan.
Ciptakan Rutinitas Sebelum Tidur

Ketika anak mengalami kesulitan untuk ditidurkan, berikut cara mengatasi bayi yang sulit tidur dengan membuat dan menciptakan kegiatan rutin sebelum tidur, antara lain:

  1. Pada anak yang berusia 3-4 bulan sebaiknya sudah diberikan kebiasaan rutinitas yang dihadapinya sehari-hari sehingga dapat membantu kebiasaan anak tidur teratur, untuk membantunya dapat menciptakan rutinitas yang konsisten setiap hari dengan mengelap badannya, mengganti baju tidur, beri ASI dan redupkan lampu sehingga anak merasa nyaman tubuhnya.
  2. Ciptakan suasana yang nyaman agar bayi tidur dengan nyenyak, Ibu dapat menciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang. Mulai dari penerangan lembut yang bisa memberikan efek nyaman dan menstimulasi otak untuk segera beristirahat. Hindari bunyi-bunyian yang berasal dari televisi ataupun radio, suara bising alat elektronik dapat membuat si kecil terus terjaga. Pelukan dari Ibu juga bisa menjadi salah satu hal yang akan membantu si kecil lebih terlelap.
  3. Membuat perut bayi merasa kenyang dengan memberikan ASI sebelum tiduragat membuat anak lebih nyenyak tidur di malam hari. Namun untuk bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan, sebiknya berikan makanan 1-2 jam sebelum tidur untuk emmbuatnya tetap kenyang, karena jika si kecil merasa kenyang, mereka akan dapat tidur lebih nyaman.
  4. Berikan sebuah pijatan bayi jika perut kembung dapat menjadi salah satu penyebab bayi sulit tidur, karena jika banyak gas yang tertahan di perut akan menyebabkan bayi  merasa tidak nyaman yang dapat membuat menangis berkepanjangan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman di perut, Ibu dapat mengoleskan minyak telon untuk menghangatkan perut bayi sambil melakukan pijatan yangdapat membuat bayi tidur lebih nyenyak karena tubuh bayi merasa lebih rileks.

Anak harus dibiasakan untuk tidur yang baik sedari dini. Jika waktu tidur tidak dikontrol dengan baik, akan berakibat fatal bagi tumbuh kembang anak, khususnya pada otak, hal ini juga berdampak bagi organ tubuh lainnya. Biasakan gunakan dengan madu bantu bayi tidur nyenyak dengan alami dan aman.

Bagikan informasi tentang Bayi Susah Tidur? Ikuti Tips Madu Bantu Bayi Tidur Nyenyak kepada teman atau kerabat Anda.

Bayi Susah Tidur? Ikuti Tips Madu Bantu Bayi Tidur Nyenyak | Madu Asli

Komentar dinonaktifkan: Bayi Susah Tidur? Ikuti Tips Madu Bantu Bayi Tidur Nyenyak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 15%
QUICK ORDER
Madu Mix Royal Jelly 350 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 100.000
Ready Stock / 350ML-MxR
Rp 85.000 Rp 100.000
Ready Stock / 350ML-MxR
Limited Edition
OFF 11%
QUICK ORDER
Madu Mix Royal Jelly 800 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 195.000 Rp 220.000
Ready Stock / 800ML-MxR
Rp 195.000 Rp 220.000
Ready Stock / 800ML-MxR
Limited Edition
OFF 9%
QUICK ORDER
Harga Madu Hitam Asli Pait dan Manis 500 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 100.000
Ready Stock / 500ML-HT
*Mulai Rp 100.000
Ready Stock / 500ML-HT
SIDEBAR