Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » Mineral Dalam Madu Jaga Tulang dan Gigi Serta 16 Manfaat Lain

Mineral Dalam Madu Jaga Tulang dan Gigi Serta 16 Manfaat Lain

Diposting pada 7 April 2018 oleh Madu Asli

Mineral dalam madu seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium dan natrium sangat berperan dalam menjaga kesehatan organ tubuh seperti jantung, kadar oksigen, kadar gula dalam darah menguatkan tulang dan gigi.

Mineral Dalam Madu Lengkapi Kesehatan Tubuh

*Mineral dalam madu merupakan zat gizi atau vitamin dalam madu yang dibutuhkan oleh tubuh maupun kecil.

**Mineral mempunyai komposisi unsur murni dan juga garam sederhana yang cukup kompleks dengan beberapa jenis bentuk hingga ribuan bentuk.

***Mineral merupakan senyawa atau unsur kimia individu dan tidak akan rusak, dengan kandungan mineral dari berbagai jenis makanan biasanya yang disebut dengan abu. Hal ini karena mineral merupakan produk yang tersisa dari makanan setelah seluruh makanan yang dikonsumsi tersebut dihancurkan pada suhu yang tinggi atau didegradasi oleh bahan kimia. Di dalam tubuh manusia, mineral membentuk sekitar 4% dari berat badan orang dewasa.

****Mineral merupakan sebuah substansi anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil untuk berbagai fungsi tubuh. Mineral berbeda dengan vitamin, karena vitamin merupakan senyawa yang terdiri dari berbagai unsur seperti karbon, hidrogen, dan oksigen.

Mineral Lengkap Dalam Madu Yang Dibutuhkan Tubuh

Mineral dalam madu hutan asli yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh, berikut jenis mineral dalam madu yang baik untuk tubuh:

  1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat penting serta yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Asupan kalsium bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi, dibutuhlan untuk proses pembekuan darah, membantu transmisi sinyal sel saraf, serta kontraksi otot.

Menggunakan kalsium dapat mencegah osteoporosis dan kekurangan kalsium yang dapat menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Berdasarkan dari semua kalsium yang terdapat pada tubuh manusia, 99% terletak pada tulang dan gigi. Kalsium sangat berperan dalam menurunkan tekanan darah dan mengkonsumsi mineral dapat  mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler yang terjadi pada wanita.

Baca: Alergi Debu/Makanan? Atasi Dengan Antialergi Dalam Madu

2. Fosfor

Fosfor merupakan mineral yang sering dijumpai dalam berbagai jenis makanan termasuk dari olahan susu dan juga daging. Fosfor yang berperan penting dalam membentuk tulang dan gigi agar menjadi kuat dan menjaga kesehatan fungsi saraf. Fosfor adalah bagian dari kerangka struktural molekul biologis contohnya DNA dan RNA. Sel-sel hidup juga memakai fosfor dalam transportasi seluler.

3. Potasium

Potasium merupakan salah satu mineral yang membantu untuk mengatur fungsi kerja jantung, saraf, aktivitas otot dan fungsi kerja jantung.

4. Sodium

Sodium merupakan sebuah senyawa atau bahan aktif yang termasuk dalam komponen elektrolit dan garam, sodium sangat membantu dalam mengatur keseimbangan cairan sel dalam tubuh.

5. Zat besi

Zat besi merupakan sebuah trace element yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang nanti akan membawa oksigen keseluruh tubuh. Tubuh dengan kekurangan zat besi dapat dengan mudah merasa lelah, karena tubuh tersebut kekurangan jumlah oksigen. Zat besi adalah bagian dari mioglobin yang berperan dalam membantu menyimpan oksigen pada otot.

6. Magnesium

Magnesium merupakan senyawa logam putih yang bersifat lentur. Magnesium dapat bertahan lama pada udara yang kering, tetapi dapat berubah berkarat saat berada pada udara yang lembab. Ion magnesium sangat penting untuk semua sel makhluk hidup, karena lebih dari 300 jenis enzim membutuhkan magnesium. Magnesium sangat diperlukan oleh tubuh dalam pembentukan protein, sel-sel baru, dan tulang. Vitamin B, membantu pembentukan lemak, merelaksasi otot, membekukan darah,  dan membentuk adesonin trifosfat atau ATP.

7. Natrium

Natrium merupakan mineral yang bisa ditemukan pada tubuh manusia dan dalam berbagai macam makanan. Natrium merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk mengatur keseimbangan air dalam tiap sel pada tubuh, mempertahankan volume darah,  dan menjaga fungsi dari saraf.

Mineral dalam madu

Manfaat Mineral Dalam Madu Untuk Tubuh

Mineral merupakan senyawa atau bahan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh, antara lain,

  1. Membantu dan menjaga kesehatan otot, jantung, dan saraf.
  2. Membantu mengatur serta menjaga tekanan osmotik yang ada di dalam tubuh.
  3. Menghasilkan berbagai macam enzim.
  4. Memelihara, mengeraskan, melindungi, dan mengendalikan tulang serta proses faal di dalam tubuh.
  5. Bekerja sebagai katalis dalam berbagai proses biokimia yang terjadi dalam tubuh.
  6. Kontraksi pada otot dan juga respon pada saraf.
  7. Membantu dalam kerja sistem enzim untuk pembentukan struktur jaringan keras dan lunak.
  8. Membantu dalam produksi antibodi.
  9. Menjaga keseimbangan air dan asam basa di dalam darah.
  10. Menyusun kerangka tubuh, otot, serta gigi.
  11. Sebagai aktivator yang memiliki peran dalam enzim dan hormon.
  12. Memelihara kesehatan tulang.
  13. Memelihara fungsi otak.
  14. Mencegah terjadinya nyeri otot.
  15. Berperan penting dalam proses pembangunan sel.
  16. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Jenis Mineral Yang Terkandung Dalam Madu

Terdapat mineral yang terkandung dalam madu memiliki 3 jenis berdasarkan takaran jumlah kebutuhan mineral dalam perhari antara lain:

  1. Major Minerals

Major Minerals atau mineral utama yang merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar yaitu sekitar lebih dari 100 mg/ hari termasuk di antaranya magnesium, kalsium, kalium, fosfor, sulfur, natrium, dan klorida.

  1. Trace Minerals

Trace Minerals merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh pada tingkat sekitar kurang dari 100 mg per hari. Mineral ini memiliki 9 jenis mineral yaitu, seperti zat besi, fluoride, mangan, seng, yodium, selenium, tembaga, molibdenum, dan kromium.

  1. Ultratrace Minerals

Ultratrace Minerals merupakan mineral yang terdapat di dalam tubuh manusia, namun tidak diketahui banyaknya jumlah kebutuhan mineral jenis ini di dalam tubuh. Yang termasuk dalam jenis mineral tersebut seperti arsenik, nikel, silikon, boron, serta vanadium.

Kelebihan Mengkonsumsi Mineral Dalam Madu

Mengkonsumsi asupan mineral yang terlalu banyak terlebih zat besi dan tembaga memiliki efek yang berbahaya hingga beracun untuk tubuh. Sehingga, konsumsi suplemen mineral terutama suplemen trace mineral dapat berpotensi toksisitas bagi tubuh.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk diperhatikan jumlah mineral yang terkandung dalam suplemen, yang berpotensi toksisitas menjadi semakin meningkat apabila mengkonsumsi mineral dari suplemen serta makanan yang mengandung mineral akan berakibat berlebihan. Untuk perlu diketahui jenis mineral logam aktif yaitu timbal yang mempunyai efek toksisitas dan menjadi pencemaran pada beberapa produk makanan.

Mineral seperti kalsium, potassium, zat besi dan fosfor sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan organ penting lainnya dalam tubuh. Penggunaan mineral dalam madu dapat membantu tubuh tetap sehat dengan cukup mengkonsumsi 2-3 sendok madu secara langsung maupun tambahan bahan alami lainnya.

Bagikan informasi tentang Mineral Dalam Madu Jaga Tulang dan Gigi Serta 16 Manfaat Lain kepada teman atau kerabat Anda.

Mineral Dalam Madu Jaga Tulang dan Gigi Serta 16 Manfaat Lain | Madu Asli

Belum ada komentar untuk Mineral Dalam Madu Jaga Tulang dan Gigi Serta 16 Manfaat Lain

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 15%
Rp 85.000 Rp 100.000
Ready Stock / 350ML-MxR
Popular!
OFF 9%
Rp 200.000 Rp 220.000
Ready Stock / 1000ML
Popular!
OFF 9%
Rp 100.000 Rp 110.000
Ready Stock / 500ML

Cukup Klik Call & Chat


Whatsapp : 085701112007
Hotline : +6281225322224 Email : order.maduasli@gmail.com Klik Maps