Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » Ini Cara Madu Cegah Karies Gigi Anak Terawat Hingga Dewasa

Ini Cara Madu Cegah Karies Gigi Anak Terawat Hingga Dewasa

Diposting pada 19 October 2018 oleh Madu Asli

Madu cegah karies gigi yang biasanya sering terjadi pada anak balita, karena kurangnya menjaga kebersihan dan kurang memperhatikan makanan manis-manis yang dikonsumsi oleh anak.

Manfaat Madu Cegah Karies Gigi Pada Anak

madu cegah karies gigi

Madu cegah karies gigi dikombinasikan dengan susu yang menjadi sumber nutrisi terbaik buat tubuh. Kombinasi minuman sehat antarasusu dan madu memiliki kandungan vitamin, nutrisi dan berbagai senyawa aktif yang dapat membantu fisik maupun psikis tetap sehat. Baik susu maupun madu yang dikonsumsi secara rutin dapat memberi manfaat mengagumkan buat kesehatan tubuh.

Ketika dua bahan ini dicampur dan dikonsumsi secara bersamaan, manfaat yang diberikan pun tidak kalah mengagumkan. Beberapa manfaat diantaranya yaitu madu dapat menjaga kesehatan gigi pada masa pertumbuhan gigi susu hingga dewasa dengan mencegahnya dari karies atau keropos pada saat pertumbuhan gigi anak.

Kapan Gigi Susu Tumbuh?

Banyak ibu merasa khawatir kalau bayinya telah berumur 6 bulan belum memiliki gigi. Tumbuhnya gigi dipengaruhi banyak hal, antara lain riwayat kehamilan dan kelahiran, apakah bayi lahir cukup umur dengan berat dan panjang badan normal, riwayat kesehatan serta status gizi bayi.

Menurut penelitian, bayi prematur dan atau berat badan lahir rendah, pertumbuhan giginya lebih lambat. Bayi dengan status gizi kurang, pertumbuhan gigi terhambat, karena berkaitan dengan pertumbuhan gigi dan tulang rahang, sebagai bagian dari pertumbuhan anak secara umum.

Langkah Agar Gigi Susu Si Kecil Sehat

Beberapa langkah yang dapat digunakan agar dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi semenjak kecil, berikut langkah menjaga kesehatan gigi, antara lain:

  1. Kualitas gigi dan pembentukannya ditentukan sejak janin usia 6 minggu di dalam kandungan. ibu hamil yang cukup asupan kalsium dan protein umumnya pertumbuhan gigi dan tulang bayi baik.
  2. Pengendalian karies antara lain makanan yang mengandung gula dan menempel di gigi yang tidak dibersihkan akan menyebabkan kerusakan gigi.
  3. Hendaknya selalu membersihkan sisa makanan setiap anak habis makan atau minum manis.
  4. Bersihkan gigi dan gusi bayi dengan kapas/ kasa steril yang dibasahi air matang.
  5. Gosoklah perlahan sehabis menyusu dan diberi makan.
  6. Bagi anak yang sudah mampu memegang sikat gigi, ciptakan suasana menyikat gigi yang menyenangkan, meskipun akhirnya bantuan orangtua tetap diperlukan.
  7. Bimbing anak menyikat gigi dengan sikat gigi khusus anak yang banyak tersedia di toko terkemuka. Bahkan ada sikat gigi mulai dari awal tumbuh gigi sampai lengkap gigi susu.
  8. Gunakan air masak untuk kumur agar aman bila tertelan.
  9. Bantu anak memegang sikat agar dapat menggosok bagian dalam dan belakang dengan nyaman dan aman, tidak melukai pipi dan gusi pada waktu sikat digerakkan.
  10. Di bawah usia 4 tahun sebaiknya jangan menggunakan pasta gigi, dikhawatirkan akan tertelan.
  11. Pengenalan pasta gigi dapat dilakukan bila anak telah pandai berkumur, dengan pengawasan lekat.
  12. Beri contoh cara berkumur yaitu menggerakkan kumuran dan mengeluarkannya dengan keras, tidak hanya sekedar dikeluarkan dari mulut.
Manfaat Lain Dari Madu Untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat madu untuk pertumbuhan tubuh anak secara keseluruhan, madu menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak, antara lain:

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Susu dan madu memiliki nutrisi yang bantu melancarkan sistem pencernaan, tidak hanya melancarkan, nutrisi yang terkandung di dalam keduanya dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan, mencegah risiko penyakit pencernaan dan bantu mengobati nyeri perut atau gangguan pencernaan lainnya.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk mendapatkan sistem imun atau kekebalan tubuh yanng kuat sebaiknya rutin minum susu campur madusetiap pagi atau malam hari sebelum tidur. Kandunganvitamin dan nutrisi yang terdapat pada segelas susu dan madu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini juga baik dalam meningkatkan energi dan kekuatan fisik serta psikis.

  1. Memperkuat tulang

Zat besi dan kalsium banyak terkandung di dalam madu dan susu sehingga sangat cocok untukmembantu memperkuat tulang tubuh. Kandungan zat atau senyawa aktif dalam madu sangat berkhasiat dan bermanfaat bekerja sebagai antibakteri untuk pertumbuhan tulang, gigi dan gusi yang kuat.

  1. Mengatasi masalah insomnia

Insomnia karena hal tertentu dapat diatasi dengan rutin konsumsi susu dan madu hangat setiap sebelum tidur sehingga tidur yang lebih berkualitas, nyenyak dan tentunya terbebas dari masalah insomnia.

  1. Bantu turunkan berat badan

Kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dalam madu dan susu dapat membantu meningkatkan program diet yang sedang dijalani, karena nutrisi dalam madu dan susu dapat dijadikan sebagai sumber energi sehat selama diet atau menurunkan berat badan.

Fungsi Gigi Susu

Fungsi gigi susu bagi anak memiliki kegunaan ketika mengunyak makanan, berikut fungsi gigi bagi anak, antara lain:

  1. Untuk mengunyah guna membantu memudahkan pencernaan dan penyerapan zat gizi makanan. Hal ini sangat penting mengingat masa anak-anak adalah masa aktif pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Aktifitas mengunyah akan merangsang pertumbuhan tulang rahang. Para orangtua hendaklah memberi contoh dan mengajar anaknya cara mengunyah makanan yang benar yaitu dilakukan pada kedua sisi rahang (kanan dan kiri) untuk merangsang agar pertumbuhan tulang seimbang karena dengan kebiasaan mengunyah hanya dengan satu sisi rahang saja, sisi yang jarang terpakai tampak lebih kotor dibanding sisi yang sering dipakai mengunyah.
  3. Menyediakan ruangan dalam lengkung gigi sebagai tempat pertumbuhan gigi permanen sekaligus mengarahkan pertumbuhan gigi pengganti. Misalnya pada gigi geraham susu yang memiliki dua akar, di antara dua akar gigi tersebut terletak benih gigi penggantinya maka arah pertumbuhan gigi pengganti akan searah dengan tanggalnya gigi susu.

Pada mencabut gigi susu sebelum waktunya, dapat membuat ruang pertumbuhan gigi berikutnya kekurangan tempat pergeseran gigi di depan ataupun di belakangnya.Gigi pengganti akan kehilangan penuntun arah. Dampaknya, gigi penggantinya tumbuh berjejal dan salah arah.

  1. Berperan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu karena terjadinya kerusakan parah pada gigi seri dapat menimbulkan kesulitan pengucapan huruf-huruf seperti; F, V, S, Z, Th.
  2. Estetika, jika gigi susu terawat baik punya andil menjaga estetika, penampilan anak lebih lucu, lebih menarik, dan lebih sehat kalau mereka tersenyum dengan geligi yang utuh dan bersih.

Banyak orangtua beranggapan bahwa gigi susu kurang penting, karena bersifat sementara dan akan digantikan oleh gigi permanen yang dalam keadaan normal akan berada selamanya di dalam rongga mulut. Ternyata anggapan itu keliru mengingat peran dan fungsi gigi susu yang sangat penting dalam pertumbuhan anak. Untuk itulah sebaiknya menjaga gigi anak dengan madu cegah karies gigi anak ketika balita sangatlah penting.

Bagikan informasi tentang Ini Cara Madu Cegah Karies Gigi Anak Terawat Hingga Dewasa kepada teman atau kerabat Anda.

Ini Cara Madu Cegah Karies Gigi Anak Terawat Hingga Dewasa | Madu Asli

Komentar dinonaktifkan: Ini Cara Madu Cegah Karies Gigi Anak Terawat Hingga Dewasa

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 15%
Rp 85.000 Rp 100.000
Ready Stock / 350ML-MxR
Limited Edition
OFF 13%
Rp 70.000 Rp 80.000
Ready Stock / 350ML - HT
Best Seller
OFF 25%
Rp 30.000 Rp 40.000
Ready Stock / 150ML

Cukup Klik Call & Chat


Whatsapp : 085701112007
Hotline : +6281225322224 Email : order.maduasli@gmail.com Klik Maps