Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Tips dan Manfaat Madu » Cara Alami Madu Cegah Karang Gigi Dan Atasi Plak Menguning

Cara Alami Madu Cegah Karang Gigi Dan Atasi Plak Menguning

Diposting pada 22 October 2018 oleh Madu Asli

Madu cegah karang gigi yang terbentuk akibat plak yang mengeras, penggunaan madu dapat mencegah pembentukan plak sehingga secara otomatis juga akan mencegah terjadinya karang gigi.

Kandungan Madu Cegah Karang Gigi

madu cegah karang gigi

Madu cegah karang gigi dengan nutrisi seperti polifenol dan senyawa aktif lainnya selama ini madu terbukti ampuh mencegah masalah pada gigi dan mulut, mengatasi risiko kanker, jantung, diabetes hingga Alzheimer. Penelitian terbaru juga menyebutkan jika senyawa penting di dalam madu secara alami dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada gigi serta gusi.

Madu alami mempunyai aktivitas antioksidan dan sifat antiinflamasi seperti polifenol (khususnya jenis catechin), mineral dan vitamin. Kandungan catechinpada teh hijau juga lebih banyak. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan badan, melainkan juga dianggap dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gigi.

Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi atau kalkulus merupakan kotoran yang menempel pada gigi, yang jika dibiarkan dampaknya dapat berbahaya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa selain dapat membuat gigi menjadi goyang dan lepas, karang gigi juga dihubungkan dengan risiko penyakit jantung dan kesehatan janin. Karang gigi yang sudah menumpuk pada permukaan gusi dan gigi harus segera diberksihkan agar tidak menjadi masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Saat ini, sebagian orang masih belum banyak mengetahui mengenai pembersihan karang gigi. Membersihkan karang gigi tidak boleh hanya dengan menyikat gigi, flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi, apalagi hanya dengan berkumur atau konsumsi air putih yang cukup saja.

Karang gigi hanya dapat dibersihkan dengan alat khusus dengan peralatan kesehatan. Penggunaan alat-alat ini hanya dioperasikan oleh seseorang yang kompeten atau dokter gigi, karena bila digunakan secara sembarangan dapat melukai jaringan sekitar rongga mulut.

Cara Merawat Gigi Terhindar Dari Karang Gigi

Untuk menjaga agar karang gigi tidak terbentuk, Anda harus menjaga kebersihan mulut dan gigi Anda secara baik dan benar, antara lain:

  1. Menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi ber-fluoride membersihkan sela gigi, membersihkan lidah, berkumur dan memperhatikan pola makan Anda adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi, serta mencegah proses perubahan plak menjadi karang gigi.
  2. Karang gigi yang sudah terbentuk sempurna pada gigi, sebaiknya dibersihkan ke dokter gigi sebelum radang pada gusi dan penyakit atau kondisi buruk lainnya terjadi.
  3. Mencegah agar karang gigi tidak menumpuk harus benar-benar memperhatikan cara sikat gigi Anda, lalu mulai merawat gigi-gigi anda dengan melakukan pembersihan karang gigi 6 bulan sekali dalam setahun.
  4. Sikatlah gigi sambil bercermin, dengan memperhatikan arah penyikatan dengan arah atas bawah sedikit memutar dan mengenai gusi.
  5. Sedangkan pemakaian untuk obat kumur atau mouthwash sebaiknya digunakan saat kita membutuhkan saja, jangan digunakan setiap hari. Misalnya saat anda selesai makan makanan yang berbau tajam, saat Anda ingin berbicara di depan umum. Pilih obat kumur yang tanpa alkohol. Terlalu sering menggunakan obat kumur akan mengganggu keseimbangan flora normal dalam mulut.
Cara Mencegah Karang Gigi Dengan Mudah Dan Cepat

Cara mencegah karang gigi yang paling mudah dan terbaik yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  1. Menyikat gigi teratur sebanyak dua kali sehari selama 2 menit. Jika Anda hanya menyikat gigi selama 30 detik saja atau satu menit, tidak akan membuat karang hilang dari gigi Anda. gunakan sikat yang lembut dan cukup kecil agar dapat masuk ke sela-sela gigi. Pastikan ketika menyikat gigi, Anda menjangkau semua bagian
  2. Jika susah, beralihlah ke sikat gigi elektrik, bila penggunaan sikat gigi elektrik ini lebih efektif menghilangkan karang dan plak pada gigi.
  3. Menggunakan pasta gigi yang tepat yang dapat menghilangkan karang gigi dan disertai dengan kandungan flourida yang tinggi, dengan kandungan flourida yang banyak di dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi Anda dari kerusakan dan mencegah untuk tidak keropos.
  4. Menggunakan benang gigi atau dental floss, meskipun Anda telah rutin menyikat gigi, tetap saja ada bagian gigi yang tidak terjangkau dengan sikat pada sela-sela atau bagian gigi yang tidak terjangkau sebelumnya.
  5. Menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik yang membuat karang gigi lebih mudah untuk dibersihkan.
  6. Perhatikan diet Anda, karena gigi Anda dipenuhi dengan karang adalah pola dan pemilihan makanan tidak baik selama ini. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan manis, maka semakin banyak bakteri yang ada di dalam mulut Anda, jika tidak langsung membersihkan gigi setelahnya, karena makanan yang mengandung gula tinggi sangat disukai oleh bakteri, sebaiknya Anda menghindari makan makanan manis dan perbanyak minum air putih setelah makan.
  7. Jangan merokok karena bahan kimia yang ada di dalam rokok dapat membuat gigi Anda dipenuhi karang.
Madu Bantu Hilangkan Karang Gigi

Selain digunakan untuk membersihkan plak gigi, madu memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya karang gigi. Karang gigi terbentuk akibat penumpukan plak yang terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama. Karang dapat bersifat keras dan sulit untuk dihilangkan. Cara membersihkan karang gigi yang sudah keras seperti ini, maka Anda dapat memanfaatkan kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam madu sebagai penghilang karang gigi secara efektif.

Madu sangat efektif untuk mencegah kerusakan gigi. Madu mengikat air sehingga bakteri kekurangan air untuk menggandakan diri. Water activity madu menghambat pertumbuhan bakteri, dan pH madu yang berkisar 3,2-4,5 cukup rendah untuk menghambat pertumbuhan bakteri secara umum. Aktivitas antibakteri utama di madu karena adanya kandungan hidrogen peroksida di dalam madu dan tingkat hidrogen peroksida yang diproduksi bersifat antibakteri, namun tidak membahayakan jaringan tubuh sehingga berkumur dengan madu dapat menyembuhkan radang rongga mulut, karena madu mempunyai sifat basa mengandung unsur alkali yang berperan sebagai desinfektan terhadap rongga mulut, yang pengaruh terhadap pembentukan plak pada gigi.

Karang gigi yang menempel pada gigi dalam waktu yang lama, kemudian mengeras sehingga akan sulit untuk dibersihkan tisdak dapat dibersihkan hanya dengan menggosok gigi. Namun jika ingin menghilangkannya dengan cara aman dan murah sebaiknya gunakan bahan alami seperti madu cegah karang gigi yang sudah terbukti efektif.

Bagikan informasi tentang Cara Alami Madu Cegah Karang Gigi Dan Atasi Plak Menguning kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Alami Madu Cegah Karang Gigi Dan Atasi Plak Menguning | Madu Asli

Komentar dinonaktifkan: Cara Alami Madu Cegah Karang Gigi Dan Atasi Plak Menguning

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
OFF 11%
Rp 160.000 Rp 180.000
Ready Stock / 800ML
Best Seller
OFF 9%
Rp 200.000 Rp 220.000
Ready Stock / 1000ML-HT
Limited Edition
OFF 11%
Rp 160.000 Rp 180.000
Ready Stock / 800ML - HT

Cukup Klik Call & Chat


Whatsapp : 085701112007
Hotline : +6281225322224 Email : order.maduasli@gmail.com Klik Maps